Thursday, June 14, 2007

Prinsip-prinsip Mengenai Strategi Pemasaran

Beruntung sekali saya menemukan pengetahuan baru. Dengan membaca memang akan banyak ilmu yang di dapat.
Saya membaca seputar seminar psychology of sales (Kerjasama antara BANK NIAGA PREFERRED CIRCLE dengan Entrepreneur Organization).
Ada pendapat dari Roger Konopasek bahwa menurut pendapatkan ada 6 tahapan meraih sukses mengenai strategi pemasaran yaitu :

  1. menyusun dan menetapkan tujuan secara khusus (kepemimpinan, pertumbuhan penjualan, dasn efesiensi organisasi perusahaan).
  2. kesetaraan kepemimpinan, yakni meluruskan kepemimpinan untuk meraih sukses; karyawan perusahaan harus menguasai visi dan misi, hal ini dimulai dari level manajemen papan tengah hingga top manajemen.
  3. membangun tim
  4. menyusun rencana kegiatan
  5. tindak lanjut pelatihan
  6. transfer teknologi
Menurut saya, keenam tahap ini perlu juga dipertimbangankan. Selain itu bagi tenaga pemasaran itu sendiri perlu menekankan kiat-kiat seperti:
  1. pentingnya skill (kemampuan)
  2. kepercayaan diri tanpa dibebani rasa malu
  3. intonasi bicara yang bagus
  4. yang tidak boleh terlupakan yaitu body language untuk menyakinkan konsumen.
Semua itu harus saling mendukung dan sejalan. Roger juga menegaskan bahwa penjual tidak boleh berbohong. "Kejujuran itu penting", kata Roger pengarang buku yang berjudul "RogerMagnet's Sales Adventures" (Gramedia Pustaka Utama) .